Sabtu, 05 Maret 2011

0 Berbagai Sudut Pandang Tentang Kenabian Muhammad

Charles J. Adams berpandangan bahwa "virtually all western scholarship,almost without stoping to consider Muhammad and his teaching to be the result of historical and personality factors rather than of divine activity.".(hampir smua sarjana barat tidak berhenti memandang Muhammad dan ajarannya sebagai hasil dari pergumulan historis dan kreativitas dirinya, dibanding sebagai bagian dari aktivitas Tuhan).
Pernyataan adams di atas dimaksudkan untuk mengkritik pandangan reduksionistik dari kalangan sarjana barat yang senantiasa mendudukkan fenomena kenabian dan kewahyuan nabi Muhammad dalam konteks sejarah positif. Konteks kritik adams tersebut salah satunya diarahkan kepada Maxim Rodinson dan Richard Bell. Kedua sarjana ini menggunakan pendekatan psikoalisis ketika menjelaskan kepribadian dan fenomena kewahyuan nabi Muhammad.
Tor Andrae memandang bahwa Muhammad termasuk tipe "mendengar suara"(auditory type). Wahyu yang diterimanya didiktekan kepadanya oleh suatu suara yang diatributkan kepada malaikat jibril. Dalam hal ini menurut Tor Andrae Muhammad menganggap seruannya dengan kejujuran yang sesungguh-sungguhnya, ia merasakan hatinya gemetar di depan penguasa hari kemudian, dan menyambut jabatan yang ditugaskan kepadanya dengan takut dan gemetar,
"SEANDAINYA DIA(MUHAMMAD) MENGADA-ADAKAN SEBAGIAN PERKATAAN ATAS (NAMA)KAMI, NISCAYA KAMI PEGANG DIA PADA TANGAN KANANNYA. KEMUDIAN PASTI KAMI POTONG TALI URAT JANTUNGNYA, MAKA TIDAK ADA SEORANGPUN DARI KAMU YANG MAMPU MENGHALANGI (KAMI) . DAN SUNGGUH AL-QUR'AN ITU BENAR-BENAR PELAJARAN BAGI ORANG YANG BERTAKWA(Q.s. Al-Haqqah:69:44-48)
Berdasarkan kajiannya tersebut, Tor Andrae lantas menolak pendapat-pendapat para ilmuwan byzantium(certain byzantine writers) dan penulis barat pendahulunya( past wastern writers ) yang menolak kewahyuan Nabi Muhammad,
dan bila mana muhammad mengarang kalimat-kalimat indah yang tiada cacat di dalamnya dengan rangkaian yang sempurna pastilah sudah ada muhammad-muhammad lain setelahnya yang juga mampu membuat yang sama, dan ternyata tidak ada yang mampu sampai sekarang.
your ad here

komentar

0 Responses to "Berbagai Sudut Pandang Tentang Kenabian Muhammad"

Speak Your Mind

Tell us what you're thinking...
and oh, if you want a pic to show with your comment, go get a gravatar!

eNews & Updates

Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!

islam dan aqidah. Diberdayakan oleh Blogger.

paling banyak dicari

Text Widget

Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang dapat menyembuhkan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian, (QS.Al-Israa': 82)

Followers

Categories

Download

Blogger Tricks