Sabtu, 27 November 2010

0 Hukum Mengkafirkan Seseorang

Apakah boleh bagi muslim mengatakan seorang muslim lainnya kafir, musryk, atau syirik?
Sedang tak tampak olehnya tanda2 kafir, musryk, ataupun syirik,
jawabnya jelas, tidak di perbolehkan, krn itu sama saja fitnah,
dan mengkultuskan seorang muslim sebagai kafir adalah larangan keras,
karena mengatakan seseorang muslim itu kafir sedang dia tidak kafir, maka kafirlah kamu karena mengkafirkan saudaramu yang beriman.
your ad here

0 Sabda Rasulullah

Rasulullah Bersabda ,artinya ; "Seandainya Allah menyiksa penduduk langit dan bumi. Ia menyiksa mereka tidaklah menzholimi mereka, begitu pula seandainya Allah memberikan rahmat-Nya kepada mereka, maka rahmatnya-Nya itu lebih baik dari pada amal kebajikan mereka sendiri.
Kalau engkau menafkahkan emas sebesar gunung uhud di jalan Allah, Allah tidak akan menerimanya sampai engkau beriman kepada takdir, dan mengetahui sesungguhnya apa yang menimpamu tidak mungkin meleset darimu, dan apa yang meleset darimu tidak mungkin menimpamu. Kalau engkau meninggal dunia di atas selain keyakinan ini, niscaya engkau masuk neraka"(H.R.Ahmad dan Abu Daud)
artinya ; kita sebagai umat islam harus beriman akan takdir,
dan ada hadist lain jg,
Rasullullah bersabda, artinya :
"Allah telah menulis takdir semua makhluk lima puluh ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi",(H.R.Muslim)
jadi, percayalah, sesungguhnya Allah lebih dari mampu dan mengetahuimu daripada kamu, Allah lebih mengetahui apa yang baik dan buruk bagimu daripadamu,
Allah lebih tau kemampuanmu daripada kamu sendiri.
Maka, bersyukurlah, sesungguhnya engkau sampai saat ini adalah hidup dengan rahmatNYA, dan tak ada yang mampu hidup tanpa rahmat dari Allah, sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang. Dan hanya kepadaNYA alam semesta bersujud.
your ad here

Sabtu, 20 November 2010

0 Syarat diterimanya amal shaleh

1)beriman kepada Allah,. Amalan orang yg berbuat syirik tidak akan di terima.
2)ikhlas,. Bahwasanya amalan shaleh dilakukan semata-mata karena mengharap ridha Allah.
3)mengikuti dan melaksanakan ajaran nabi Muhammad,. Kita tidak beribadah kepada Allah kecuali dengan apa yang disyaratkan Rosullullah. Jika salah satu dari syarat tidak ada, maka amalannya ditolak.
Allah berfirman dalam surat Al-Furqon ayat 23 yang artinya
"dan kami hadapi segala amal yang mereka kerjakan, lalu kami jadikan amal itu (bagaikan) debu berterbangan"(Al-Furqon:23)
your ad here

Senin, 15 November 2010

0 Puasa

Siapa saja berhadats besar sperti junub , haid atau mifas jika kduanya telah suci sbelum fajar, mereka semua diperbolehkan menunda mandi hingga slesai adzan subuh, dan mendahulukan makan sahur, dan puasa tetap sah.
¤seorang wanita boleh menggunakan obat penunda datang bulan pada bulan ramadhan dg tujuan agar ia dapat ikut serta beribadah bersama kaum muslimin yg lainnya jika hal tersebut tidak berbahaya baginya.
¤Nabi Muhammad bersabda yg artinya "umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegarakan berbuka dan mengakhirkan makan sahur"(H.R.Ahmad)
¤disunatkan berdoa ketika akan berbuka sebagaimana sabda nabi muhammad yg artinya "sesungguhnya seorang yg berpuasa ketika ia berbuka mempunyai doa yg tidak di tolak"(H.R.Ibnu majah).
¤disunatkan berbuka dg ruthab(kurma basah), jika tidak ada maka dg kurma tamar(kurma kering, dan jika tidak ada maka hendahlah berbuka dg air.
¤seseorang yg sedang berpuasa hendaknya tidak memakai kahal(celak), obat tetes mata au telinga, untuk menghindari masalah yg dipertentangkan. Mamun jika ia membutuhkannya tidak apa2, meski obat tersebut terasa sampai kerongkongan, dan puasa tetap sah.
¤di sunatkan bersiwak pada stiap waktu bagi orang yang sdang puasa dan hal ini tidak makruh menurut pendapat yg benar.
¤wajib hukumnya bagi orang yg berpuasa meninggalkan ghibah(membicarakan orang lain), adu domba, dusta dan yg semisalnya, apabia ia dicaci maki oleh seseorang, mak hendaklah ia berkata"sesungguhnya au sedang berpuasa"
¤disunatkan bagi yang diundang jamuan sdang ia berpuasa untuk mendoakan si pengundang, dan jika tidak puasa hendaklah datang.
¤lailatul qadar adlah malam yang mulia spanjang tahun, malam tsb khusus di dapatkan pada sepuluh malam terahir bulan Ramadhan, dan besar kemungkinan jatu bada malam ke dua puluh tujuh.
Perbuatan sholeh pada malam tersebut lebih baik dari pada perbuatan shaleh yang di lakukan selama seribu bulan,
lailatul qadar memiliki tanda2 diantaranya: pada pagi harinya matahari terbit dg warna keputih2an dan tidak begitu bercahayanya, cuaca sedang, kadang2 seorang muslim mendapat tanpa ia ketahui, jadi sudah seharusnya pada sepuluh hari terahir bulan ramadhan, dan berusaha jangan sampai malam itu berlalu bgitu saja, tanpa melaksanakan shalat.
Apabila telah mengerjakan shalat terawih berjama'ah, maka hendaklah ia tidak bergegas pergi sampai iman shelesai melaksanakan shalat terawih secara sempurna supaya ia mendapatkan keutamaan shalat malam.
¤dan ada pula yg mengatakan tanda2 malam lailatul qadar adalah malam itu angin tenang, tidak ada anjing(binatang)melonglong, dan senyap(hening)
your ad here

Minggu, 14 November 2010

0 Puasa sunah/sunat

Puasa sunat yang paling afdhal adalah: puasa satu hari dan berbuka satu hari kemudian puasa hari senin dan kamis, kemudian puasa tiga hari dalam stiap bulan, dan yg paling baik yaitu pada hari-hari bidh(pertengahan bulan) yaitu tanggal 13, 14 dan 15 stiap bulan qamariah.
Disunatkan juga lebih banya puasa pada bulan muharram dan sya'ban, puasa hari asyura, puasa hari arafah, dan puasa enam hari di bulan syawal, mengkususkan puasa pada bulan rajab hukumnya makruh(lebih baik tidak), bgitu juga puasa hari jum'at dan hari sabtu, dan berpuasa di hari syak(ragu), yaitu hari ketiga puluh atau kedua puluh sembilan dari bulan sya'ban. Haram hukumnya berpuasa pada hari raya idul fitri, hari raya idul adha, dan hari hari tasyriq,kecuali yang mempunyai kewajiban dam(denda) karena melaksanakan haji tamattu' atau qiran.
your ad here

Sabtu, 13 November 2010

0 Hukum Bernadzar

Rosulullah melarang bernadzar, beliau bersabda
"sesunggunya nadzar itu tidak mendatangkan kebaikan".(H.R.Muslim.)
ini jika nadzar dilakukan ikhlas karena Allah. Adapun jika nadzar untuk slain Allah seperti bernadzar untuk kuburan dan atau wali, maka hukumnya haram, dan tidak boleh, serta tidak boleh di penuhi atau dilaksanakan.
your ad here

eNews & Updates

Sign up to receive breaking news
as well as receive other site updates!

islam dan aqidah. Diberdayakan oleh Blogger.

paling banyak dicari

Text Widget

Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang dapat menyembuhkan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian, (QS.Al-Israa': 82)

Followers

Categories

Download

Blogger Tricks